Baca dalam 2 menit

Cobain Makan Makanan Berwarna-warni, Bisa Segarkan Otak Anda

Waktu Publish : 10 Oct 2021, 13:54 WIB
SHARE ARTIKEL

Buah dan Sayur - Image from Getty Images

Bolong.id - Sebuah studi baru dari Harvard University menunjukkan bahwa makan makanan yang lebih berwarna seperti stroberi, jeruk, paprika dan apel akan membuat otak Anda lebih sehat.

Peneliti mengatakan bahwa makanan berwarna kaya akan flavonoid, terutama flavonoid dan antosianin, yang paling efektif dalam melindungi otak.

Dilansir dari 营养师飞飞, flavonoid meliputi flavonol, flavonoid, flavanon, antosianin, flavanoid polimer, dan antosianin yang merupakan senyawa alami pada tumbuhan dan merupakan antioksidan kuat.

Studi telah menemukan bahwa dengan bertambahnya usia, terlalu sedikit antioksidan dapat menyebabkan penurunan kognitif.

Dalam studi tersebut, orang dengan kinerja kognitif jangka panjang setidaknya minum setengah porsi jus jeruk atau jeruk, paprika, seledri, jeruk bali atau jus jeruk bali, apel, dan pir sehari.

Dalam studi tersebut, orang-orang dengan asupan flavonoid tertinggi memiliki sekitar 600 mg dalam makanan sehari-hari mereka, sedangkan orang-orang dengan asupan flavonoid terendah memiliki sekitar 150 mg dalam makanan sehari-hari mereka.

Setelah menyesuaikan faktor-faktor seperti usia dan asupan kalori total, orang yang mengonsumsi lebih banyak flavonoid dalam makanannya memiliki risiko penurunan kognitif yang lebih rendah.

Mereka yang memiliki asupan flavonoid tertinggi memiliki risiko penurunan kognitif 20% lebih rendah daripada mereka yang memiliki asupan terendah.

Para peneliti juga menemukan bahwa flavonoid yang ditemukan di beberapa rempah-rempah, buah-buahan dan sayuran berwarna kuning atau oranye memiliki efek perlindungan yang paling kuat, dan dikaitkan dengan penurunan 38% risiko penurunan kognitif, yang setara dengan tiga hingga empat tahun lebih muda. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong