Baca dalam 3 menit

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Rambut

Waktu Publish : 07 Nov 2021, 12:32 WIB
SHARE ARTIKEL

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Rambut - Image from Faktualnews-prod.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

Bolong.id - Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa orang juga menggunakan sebagai pengganti minyak goreng agar lebih sehat. Disamping itu, minyak ini juga dapat dioleskan langsung ke bagian tubuh untuk mendapatkan manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan rambut.

Kandungan asam lemak tak jenuh omega 6 dan 3 dari minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Dengan mengoleskannya ke rambut, akan menjadikan rambut lebih sehat dan tidak mudah untuk rontok. Maka dari itu, kamu harus mengetahui manfaat minyak zaitun terhadap rambut agar dapat mengatasi beberapa gangguan yang mungkin terjadi.

1. Menambah kilau alami bagi rambut

Bahan alami ini berguna untuk menambah kilau alami rambut. Karena, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Minyak zaitun dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru.

Tidak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut.

2. Menjaga kelembapan rambut

Selain memberi kilau alami, manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kelembapan rambut. Penelitian dari International Journal of Trichology menyebutkan bahwa minyak berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan.

Hal ini mungkin dikarenakan beberapa minyak, termasuk minyak zaitun, dapat terserap hingga ke batang rambut. Minyak zaitun juga membantu mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengemban

3. Mengatasi Ketombe

Salah satu manfaat yang dapat kamu peroleh saat menggunakan minyak zaitun pada rambut adalah dapat melembapkan rambut dan mengurangi iritasi kulit kepala. Hal tersebut dapat efektif mengurangi ketombe. Kamu dapat memijat bagian kepala, terutama kulit kepala agar mendapatkan manfaat tersebut. Lakukan selama 20 menit dan bilas rambut setelahnya dengan sampo.

4. Menghilangkan Kutu

Salah satu gangguan yang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman karena menimbulkan gatal pada kepala adalah kutu rambut. Selain itu, kamu juga dapat mengalami iritasi pada kulit kepala karenanya. Jika ini terjadi, mulailah untuk memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasinya.

Caranya adalah mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kepala yang tumbuh rambut. Setelah itu, bungkus kepala selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, bersihkan rambut dari sisa-sisa minyak zaitun dengan sampo dan lakukan sebanyak 2 kali seminggu hingga masalah teratasi. (*)



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong