Baca dalam 5 menit

Kebiasaan Ini Kemungkinan Penyebab Penyakit, Simak!

Waktu Publish : 10 Oct 2021, 13:52 WIB
SHARE ARTIKEL

Kebiasan baik yang ternyata buruk - Image from internet

Bolong.id - Dalam kehidupan banyak orang memilih untuk menjaga kesehatan mereka untuk hidup yang lebih tenang dan produktif. Namun, apakah semua kebiasaan baik yang banyak orang berpikir itu baik memang benar adanya?

Dilansir dari 塞上清风 pada (11/8/2021), yuk perhatikan ternyata hal-hal ini tidak baik untuk kesehatan aatau bahkan menyebabkan penyakit.

Semakin banyak biji-bijian kasar yang Anda makan, semakin baik?

Sekarang banyak orang tua yang tahu bahwa biji-bijian kasar memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga mereka dengan rajin mengkonsumsinya. Dalam hal ini, Chen Qizhong, direktur Departemen Nutrisi Rumah Sakit Umum Universitas Kedokteran Nanjing, memperkenalkan bahwa memang benar makan biji-bijian kasar lebih banyak nutrisi daripada mie dan beras, tetapi makan terlalu banyak biji-bijian kasar tidak hanya akan menyebabkan kerugian kalsium, tetapi juga hilangnya nutrisi seperti protein, zat besi dan vitamin.

“Pertama-tama, asupan serat makanan yang berlebihan akan menghambat penyerapan unsur-unsur lain di usus. Para lansia dengan osteoporosis sebaiknya tidak makan biji-bijian kasar dalam jumlah yang besar , karena serat makanan yang berlebihan akan mempengaruhi penyerapan kalsium tubuh. Selain itu, bagi penderita fungsi pencernaan yang lemah, makan terlalu banyak serat makanan juga merupakan beban besar pada saluran pencernaan."

Disarankan untuk mengolah biji-bijian seperti direndam dengan air atau digiling agar mempermudah proses pencernaan biji-bijian kasar, terutama untuk orang tua dan lansia.

Biji-bijian kasar - Image from internet

Semakin bersih telinga, semakin baik?

Beberapa orang suka menggali telinga mereka dengan kuku dan cutton bud. Namun, Deng bin, wakil kepala dokter Departemen Otolaringologi Rumah Sakit Rakyat Daerah Otonom, percaya bahwa menggunakan kapas atau sendok telinga untuk membersihkan, mudah merusak lapisan pelindung minyak alami pada permukaan kulit saluran pendengaran eksternal, menyebabkan konsekuensi yang merugikan seperti pengerasan kulit kering pada saluran pendengaran, berkembang biaknya jamur, gatal-gatal pada saluran pendengaran dan sebagainya. Juga dapat menyebabkan infeksi dalam proses membersihkan telinga.

Padahal, kotoran telinga memiliki fungsi bakteriostasis, menghalangi benda asing dan melindungi membran timpani. Secara umum, kotoran telinga tidak perlu sering digali. Mereka akan keluar secara otomatis ketika kita menguap dan berbicara. Jika Anda menemukan terlalu banyak serumen di saluran telinga, yang menyebabkan gatal dan penyumbatan telinga, Anda harus mencari bantuan dokter untuk membersihkan saluran telinga secara mendalam.

Membersihkan telinga - Image from internet

Semakin pagi berolahraga semakin baik

Banyak orang tua berpikir bahwa semakin pagi berolahraga, semakin baik. Di musim panas, mereka sering pergi berolahraga sebelum fajar. Mereka juga suka memilih tempat dengan lebih banyak tanaman hijau untuk berlatih.

"Faktanya, olahraga terlalu pagi tidak baik secara ilmiah. Karena polutan udara di musim panas paling sulit menyebar sebelum jam 6 pagi, sebelum matahari terbit, karena tidak ada fotosintesis, tidak banyak oksigen segar di dekat tanaman hijau, tetapi sejumlah besar karbon dioksida terakumulasi, menghasilkan kualitas udara yang buruk," kata Zhang Jianyin, Kepala Dokter penyakit pernapasan Rumah Sakit Rakyat Daerah Otonom.

Selain itu, di pagi hari, ketegangan arteri koroner tubuh manusia tinggi, saraf simpatik bersemangat, dan rentan terhadap serangan jantung mendadak. Selain itu, karena penuaan fungsi fisik lansia, otot, anggota badan dan organ motorik lainnya masih dalam keadaan rileks dalam waktu singkat dipakai untuk berolahraga. Pada saat ini, akan mudah jatuh dan tubuh keseleo. Oleh karena itu, sebaiknya menunggu matahari terbit, baru kemudian melakukan aktivitas sekitar pukul 8 hingga pukul 10.

Berolahraga di pagi hari - Image from internet

Terkait

health

Waspadai Kebiasaan yang Merusak Hati

  • Djono W. Oesman
  • 09 Oct 2021

culture

City Of The Week: Renang di Musim Dingin, Kebiasaan di Kota ...

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

health

Ikutin 10 Kebiasaan Ini, Dapat Membantu Anda Awet Muda

  • Visco Joostensz
  • 16 Sep 2021

health

Stop 5 Kebiasaan Ini Demi Kesehatan Lambung

  • Lupita
  • 05 Sep 2021

culture

Pernikahan Adat Tibet, Bertemu Orang Bawa Kayu Pertanda Baik

  • Lupita
  • 04 Sep 2021

health

Jauhi 4 Kebiasaan Buruk Ini Dari Sekarang

  • Lupita
  • 04 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong