Baca dalam 3 menit

Ernest Prakasa, Komika Hingga Sutradara Film

Waktu Publish : 14 Nov 2021, 19:04 WIB
SHARE ARTIKEL

Ernest Prakasa - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami


Bolong.id - Ernest Prakasa lahir di Jakarta, 29 Januari 1982. Ia adalah seorang komedian, stand up performer, penulis, dan aktor keturunan Tionghoa. Ia menjadi populer setelah menerima juara ketiga dalam Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) pada tahun 2011. Ia dikenal sebagai komedian Tionghoa-Indonesia yang sering menggunakan latar belakang etnisnya sebagai subjek standup comedy.

Dulunya, Ernest adalah seorang penyiar radio saat masih duduk di bangku kuliah. Ia memulai karirnya di industri musik setelah bergabung dengan Universal Music dan Sony Music.

Dan pada tahun 2011 ia bergabung ke SUCI Kompas TV, terpilih menjadi satu dari 13 finalis. Setelah itu, ia menekuni profesinya sebagai komika. Ernest kemudian mendirikan sebuah komunitas komika, Stand-Up Indo, bersama dengan Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Isman H. Suryaman dan Ryan Adriandhy.

Setelah sukses berkarir sebagai komika, Ernest melebarkan sayapnya ke dunia seni peran. Ia berhasil bergabung dengan beberapa judul film sebagai aktor, hingga penulis skenario dan sutradara. Film film besutannya tak hanya menampilkan sisi komedi, tapi juga mengangkat isu-isu sosial, seperti masalah kesenjangan sosial atau ras.

Menariknya, walau isu isu tersebut terkenal sensitif, namun ia mampu mengemasnya dengan cara yang kocak sehingga menarik untuk disimak. Beberapa hasil karyanya antara lain Ngenest The Movie (2018), Cek Toko Sebelah (2016), Stip dan Pensil (2017), Imperfect (2019), dll.

Pada tahun 2007, Ernest menikah dengan Meira Anastasia, dan memiliki dua anak, Sky Tierra Solana (20 November 2009), dan Snow Auror Arashi (14 November 2014). (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

lifestyle

Ernest Prakasa, Komedia Keturunan Tionghoa yang Beprestasi

  • Lupita
  • 05 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong