Baca dalam 3 menit

Ngintip Astronot Wanita China Sedang Latihan

Waktu Publish : 19 Feb 2021, 12:48 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Astronot Tiongkok - Image from Chinanews.com

Beijing, Bolong.id – Kelompok pertama astronot Tiongkok kini menjalani pelatihan kegiatan ekstravehicular (EVA). Mereka disiapkan untuk misi penerbangan luar angkasa berawak yang dijadwalkan.

Dilansir dari Xinhuanet pada Kamis (18/02/21), menurut Badan Antariksa Nasional Tiongkok, sebanyak 11 misi pembangunan stasiun luar angkasa Tiongkok direncanakan rampung dua tahun ke depan. termasuk 

Itu pembangunan modul inti yang rencananya akan diluncurkan pada semester pertama tahun ini. Juga, dua kapsul laboratorium, serta empat kapal berawak dan empat kapal kargo.

Di Pusat Pelatihan Astronot di Beijing, Wang Yaping, astronot wanita Tiongkok tampak mengenakan pakaian latihan seberat 120 kg. Atau dua kali lebih berat daripada bobot tubuhnya. Ia dibantu seorang teknisi, memasuki tanki air besar. Wang Yaping pengalaman perjalanan selama 15 hari di luar angkasa pada Juni 2013.

Air, media terbaik mensimulasikan bobot di luar angkasa. Juga membantu astronot berlatih EVA, seperti berjalan dan bertahan di luar angkasa. Tangki pelatihan air itu, kedalaman 10 meter diameter 23 meter, adalah yang terbesar di Asia.

Selama sesi pelatihan yang berlangsung lebih dari empat jam, tujuh penyelam membantu Wang menyelesaikan tugasnya, sementara staf juga memantau jalannya proses dari ruang kendali.

Wang Yanlei, seorang anggota staf di pusat tersebut, mengatakan bahwa untuk mensimulasikan misi lima jam di luar angkasa, seorang astronot akan menjalani 50 jam pelatihan bawah air di Bumi. Setiap sesi pelatihan berlangsung empat hingga enam jam.

Dia mencatat bahwa jika itu adalah tugas yang rumit atau melibatkan banyak manuver, astronot akan kelelahan dan kehilangan 1 hingga 2 kg pada akhir sesi.

Bulan lalu, Badan Antariksa Berawak China (CMSA) mengatakan modul inti dari stasiun luar angkasa yang direncanakan Tiongkok telah melewati tinjauan pabrik, bersama dengan kapal kargo Tianzhou-2 proyek tersebut.

Pada hari Selasa, CMSA mengatakan dalam sebuah posting di akun resmi WeChat bahwa roket Long March-5B Y2, yang dijadwalkan untuk meluncurkan modul inti ke luar angkasa, sedang dalam perjalanan ke lokasi peluncuran, dan Long March-7 Y3. Roket kendaraan peluncur untuk pesawat kargo Tianzhou-2, sedang dalam perakitan.

Menurut Zhou Jianping, kepala perancang program luar angkasa berawak Tiongkok, modul inti akan diluncurkan dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan. Peluncuran kapal kargo Tianzhou-2 dan kapal berawak Shenzhou-12 akan dilakukan setelah modul inti dikirim ke orbit. (*)

Megawati Putri/Penerjemah

BACA JUGA

Terkait

news

Luhut : Indonesia akan Dibantu oleh Tiongkok Menangani Virus...

  • Bryant
  • 18 Mar 2020

health

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakarta Remeh...

  • Isfatu Fadhilatul
  • 19 Mar 2020

health

Penderita Ringan COVID 19 Tidak Akan Kenapa-napa

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

80% Pasien COVID-19 Belum Didiagnosis Sebelum Wuhan Lockdown...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Tidak Ada Pasien Baru COVID-19 di Guangxi, Namun Ada 34 Kasu...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Beberapa Tipe Orang Yang Harus Dikarantina

  • Edwin Adriaansz
  • 22 Mar 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong