Baca dalam 3 menit

Apakah Anda Fobia Sosial? Mari Kita Cek

Waktu Publish : 12 Jul 2021, 08:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Apakah anda memiliki fobia sosial? Mari kita lihat! - Image from The Swaddle


Jakarta, Bolong.id - Ada orang tertutup, tidak pandai berbicara, menghindari orang lain, selalu meringkuk, dan sangat gugup. Mungkin ia menderita fobia sosial.

Apa saja gejala fobia sosial?

1. Sangat takut acara-acara sosial, dan tingkat ketakutannya tidak sepadan dengan bahaya yang sebenarnya.

2. Ia tahu bahwa ketakutan ini berlebihan dan tidak masuk akal, tetapi sulit mengendalikannya.

3. Ketika harus berhubungan dengan orang, akan gugup, muka merah, telinga merah, berkeringat, mulut kering, detak jantung cepat, pusing, mual, tremor, kaki terasa lemas.

4. Dengan perilaku mempengaruhi fungsi sosial mereka.

Orang seperti apa yang rentan memiliki fobia sosial - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami


Dilansir dari 安定心理援助 pada Minggu (11/7/2021), berikut ini adalah empat jenis orang yang rentan memiliki fobia sosial:

1. Penghargaan terhadap diri rendah

Merasa bahwa harga diri rendah, devaluasi diri, berpikir bahwa mereka tidak memiliki keterampilan dan kemampuan sosial, dan memiliki ketakutan batin, takut menyebabkan reaksi buruk dari orang lain.

2. Alergi

Merasa bahwa orang lain menganggapnya gugup dan tidak wajar, dan melihat dari mata orang lain bahwa orang lain tidak menyukai atau membencinya, atau orang lain tidak mau berbicara dengannya, jadi memunculkan rasa gugup dan takut.

3. Kepribadian introvert

Orang dengan kepribadian introvert adalah orang yang pendiam, introspektif, dan tidak suka berhubungan dengan orang lain; orang yang tidak stabil secara emosiona,l rentan terhadap kecemasan, dan merespons terlalu kuat terhadap berbagai rangsangan, dan sulit untuk tenang setelah emosinya dirangsang.

4. Perfeksionis

Saya terlalu menuntut diri saya sendiri, dan saya berharap bahwa saya akan tampil sempurna di depan semua orang, pada setiap kesempatan, dalam setiap aspek, dan dipuji oleh orang lain. Mereka selalu memiliki pemikiran seperti ini. Tetapi pada faktanya tidak ada orang yang sempurna.

Apakah anda memiliki fobia sosial? Mari kita lihat! - Image from Medical News Today


Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia sosial:

1. Pilih bergaul dengan orang yang ramah

Orang-orang yang ramah tahu bagaimana menghormati seseorang dengan lebih baik, dan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan pengakuan dari mereka, sehingga membangun kepercayaan sosial.

2. Stop menjadi People Pleaser

Tidak disarankan untuk menekan diri sendiri dan melayani orang lain. Hal ini mencegah orang lain mengetahui siapa diri kita, dan membawa banyak tekanan psikologis pada diri sendiri, sehingga dapat membuat diri sendiri menolak untuk melakukan aktivitas sosial.

3. Fokus pada berjejaring sosial

Alihkan perhatian Anda ke hal-hal seperti bagaimana mengekspresikan diri Anda dengan jelas.

4. Terima dan percaya kepada diri sendiri

Sampai batas tertentu, fobia sosial adalah manifestasi dari rasa tidak dapat menerima diri sendiri. Mulai sekarang, berhentilah bersikap kritis, mengkritik, dan mengutuk diri sendiri, dan jangan lari dengan rasa takut. Jika Anda tidak mempercayai diri sendiri, lalu siapa lagi di dunia ini yang akan mempercayai kita? (*)

Terkait

news

China Serukan Stop Pelanggaran HAM di Inggris

  • Visco Joostensz
  • 02 Jul 2021

news

Sinofobia, Cara Barat Tutupi Kegagalan Atasi COVID-19

  • Della Shafira Putri
  • 06 Aug 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong