Baca dalam 4 menit

Ikan Laut Apa Bernilai Gizi Tertinggi?

Waktu Publish : 10 Sep 2021, 08:55 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Ikan Salmon - Image from sohu

Jakarta, Bolong.id- Dilansir dari Sohu Health Kamis (9/9/2021) hampir setiap ikan laut, makanan sehat berkualitas tinggi. Lantas, ikan apa bernilai gizi paling tinggi?

Situs web CNN merekomendasikan: Evaluasi nutrisi dan keberlanjutan yang komprehensif, salmon adalah "pemenang" dalam kompetisi nutrisi ikan.

Menurut Lourdes Castro, direktur Food Laboratory of New York University dan ahli diet terdaftar, ikan laut menyediakan protein yang cukup dan memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan hewan lain.

Ikan laut juga kaya akan vitamin B, vitamin D, zat besi, kalium, kalsium dan komponen mineral lainnya. Yang terpenting, asam lemak Omega-3 yang kaya pada ikan laut merupakan komponen penting dari sel-sel tubuh dan juga bermanfaat bagi kesehatan sistem kardiovaskular dan kekebalan tubuh.

Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan Omega-3, satu-satunya sumber adalah makanan.



Mary Ellen Camire, profesor ilmu gizi di University of Maine, mengatakan bahwa sebagian besar makanan tidak mengandung Omega-3, jadi kami merekomendasikan makan makanan laut dua kali seminggu untuk suplemen.

Ikan berlemak yang hidup di air dingin merupakan sumber Omega-3 yang baik, sedangkan salmon memiliki nilai gizi yang sangat baik.

National Institutes of Health merekomendasikan 1,6 gram Omega-3 per hari untuk pria dan 1,1 gram untuk wanita. Satu porsi 90 gram salmon telah melebihi jumlah yang disarankan.

Ada salmon liar dan hasil budidaya di pasaran, bagaimana cara memilihnya?

Camire mengatakan bahwa di masa lalu, nutrisi spesies liar lebih baik daripada spesies yang dibudidayakan. Dengan kemajuan teknologi budidaya, nelayan menyesuaikan pakan mereka untuk menghasilkan salmon budidaya dengan Omega-3 lebih tinggi daripada spesies liar.

Untuk menilai nilai gizi suatu ikan, kelestariannya juga harus diperhatikan. Meskipun ikan liar terdengar lebih baik dan lebih berkualitas, penangkapan ikan liar memang sulit untuk memenuhi kebutuhan miliaran orang.

Misalnya, tuna kaya akan Omega-3 dan nutrisi lainnya, tetapi sulit untuk mencapai penangkapan ikan yang berkelanjutan. Populasi ikan liar telah sangat berkurang karena penangkapan ikan yang berlebihan.

Saat memilih ikan, hindari tuna sirip biru, dan pilihlah tuna bonito dan albacore. Sarden dan makarel juga kaya akan Omega-3, tetapi mengingat kekhawatiran akan penangkapan yang berlebihan, mereka tidak lagi direkomendasikan sebagai ikan laut yang berkelanjutan.

Mengingat kondisi ramah lingkungan, kita bisa memilih salmon yang dibudidayakan. Ikan trout pelangi yang dibesarkan memiliki kandungan Omega-3 yang sedikit lebih rendah dan juga merupakan pilihan yang baik.

Selain itu, bivalvia seperti tiram, remis, dan kerang memiliki kandungan Omega-3 yang relatif tinggi. Mereka tidak perlu menambah pakan, tetapi mendapatkan nutrisi dari air laut, yang lebih ramah lingkungan.

Namun, sementara kerang memperoleh nutrisi, ia juga menyaring kotoran di air laut. Misalnya, kerang dapat menyerap sejumlah besar partikel plastik di air laut. Hal ini merupakan salah satu kekurangan budidaya laut dan memerlukan pertimbangan yang komprehensif.



Bahan referensi:

1.CNN

Ikan apa yang paling sehat untuk dimakan? Pilihan terbaik untuk Anda dan planet ini

https://edition.cnn.com/2021/09/03/health/healthiest-fish-eating-wellness/index.html

Terkait

news

Peran Stabilisasi Tiongkok Tidak Dapat Tergantikan di Dunia

  • Visco Joostensz
  • 22 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1963 Pendirian Universitas Tionghoa Hong Kong

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Kampus Internasional Haifeng Dibuka di Hainan

  • Lupita
  • 13 Oct 2021

news

Gunakan Fotonya Tanpa Izin, Jay Chou Gugat Beberapa Institus...

  • Lupita
  • 13 Oct 2021

news

Sekolah di Beijing Wajib Ada Pendidikan Kesehatan Mental

  • Djono W. Oesman
  • 12 Oct 2021

lifestyle

Dari Teh Minyak Hingga Acar Ikan, Ini 5 Hidangan Khas Guangx...

  • Esy Gracia
  • 10 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong