Baca dalam 5 menit

Ini Empat Tanda Tubuhmu Sudah Kelebihan Garam

Waktu Publish : 23 Sep 2021, 10:55 WIB
SHARE ARTIKEL

garam - Image from toutiao

Bolong.id - Garam adalah zat penyedap yang penting dalam masakan sehari-hari. Garam bisa membuat makanan yang kita makan lebih enak, dan juga memainkan peran penting setelah masuk ke tubuh manusia. Meskipun baik untuk tubuh manusia, makan terlalu banyak mudah membahayakan kesehatan kita.

Mengapa harus mengkonsumsi garam?

Dilansir dari 毅医生说 Rabu (22/9/2021), faktanya, pada zaman dahulu, istana kekaisaran tidak mengizinkan orang untuk membeli dan menjual garam. Bahan ini selalu dikendalikan oleh pemerintah. Dengan memonopoli garam, kerajaan mendapatkan banyak keuntungan. Pajak atas garam adalah pendapatan finansial yang berharga.

Garam adalah natrium klorida. Dari segi nutrisi, makan garam penting untuk melengkapi mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Garam adalah bahan penting untuk konduksi saraf dan aktivitas otot.

Garam memiliki hubungan dengan hipertensi, jika dimakan dengan tepat dapat mempertahankan tekanan osmotik normal dalam tubuh, tetapi jika Anda makan terlalu banyak garam, natrium dalam tubuh akan terus menumpuk, tekanan osmotik dalam darah akan naik, akan merusak keseimbangan konsentrasi darah. Pada saat ini, tekanan darah akan meningkat secara otomatis.

Namun, jika garamnya kurang, orang akan merasa lemas dan lelah, sehingga orang sering mengatakan “kurang garam itu lemah”.

Makan terlalu banyak garam berbahaya bagi tubuh Anda. Ketika ada empat tanda di tubuh Anda, Anda mungkin diingatkan untuk makan terlalu banyak garam.

Jari menebal

Jika tidak ada perubahan timbangan, namun tiba-tiba cincin di tangan menjadi sempit. Hal ini mungkin disebabkan oleh retensi air atau tubuh menahan air. Melalui keadaan ini kita dapat mengetahui apakah kita terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Tubuh adalah struktur yang sangat kompleks, di mana ada banyak hal yang tidak dapat kita lihat, dan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh harus dijaga dalam tubuh manusia.

Jika terlalu banyak garam yang tertelan, otak manusia akan memicu pelepasan hormon, memberi tahu tubuh bahwa ia perlu menahan lebih banyak air untuk mencegah disfungsi fisiologis manusia.

Jari menebal - Image from toutiao


Mulut kering dan haus

Jika Anda merasa mulut sering kering, kemungkinan besar Anda terlalu banyak makan garam, atau makanan yang biasa Anda makan dalam jumlah banyak mengandung garam, dan tubuh Anda akan merasa bahwa kandungan garam dan air sudah tidak seimbang.

Untuk mengembalikan keseimbangan ini, otak akan memberi Anda perintah untuk minum lebih banyak air, sehingga otak juga akan mengirimkan sinyal haus.

bibir kering - Image from toutiao


Bintik mudah tumbuh

Sejumlah besar penelitian telah menemukan bahwa jika Anda makan terlalu banyak garam, mudah untuk memiliki bintik-bintik warna di wajah Anda.

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dalam waktu lama, wajah Anda akan terlihat lebih gelap dan tidak segar, atau bahkan kuning kehitaman. Pada saat ini, ketika Anda juga mengkonsumsi beberapa lemak dan protein hewani yang berlebihan, itu akan mempengaruhi fungsi normal hati dan membuat bintik-bintik Anda semakin banyak.

bintik-bintik pada wajah - Image from toutiao

Bengkak

Banyak orang berhati-hati dan akan mengamati beberapa perubahan dalam tubuh mereka. Terutama ketika tubuh bagian bawah mereka bengkak, akan sangat sulit untuk memakai sepatu. Bisa jadi makanan yang mereka makan akhir-akhir ini terlalu asin.

Alasan mendasar untuk pemulihan tubuh adalah bahwa tubuh mengandung banyak air, yang tidak dimetabolisme pada waktunya, makanannya terlalu asin, dan kandungan ion natrium di lingkungan internal relatif tinggi. Tubuh akan menyeimbangkan melalui banyak asupan air, dan akhirnya menyebabkan retensi air dalam tubuh, dan orang akan menunjukkan fenomena edema.

bengkak pada tubuh bagian bawah - Image from toutiao

Meskipun makan terlalu banyak garam akan membahayakan, Anda tidak dapat menghindari garam, jadi Anda harus mengendalikan konsumsinya. Menurut pedoman diet untuk penduduk Tiongkok, asupan garam harian orang dewasa yang sehat tidak boleh melebihi 5g.

BACA JUGA

Terkait

health

Benarkah Ibu Hamil Perlu Garam Khusus?

  • Lupita
  • 17 Oct 2021

lifestyle

Danau Garam Qarhan, Cermin Langit Terbesar di China

  • Lupita
  • 02 Oct 2021

health

Kandungan Camilan Ini Beresiko Percepat Penuaan

  • Visco Joostensz
  • 24 Sep 2021

health

Cara Kurangi Minyak dan Garam Saat Memasak

  • Djono W. Oesman
  • 20 Sep 2021

culture

Garam Merah di Changping yang Tidak Merah

  • Djono W. Oesman
  • 16 Jun 2021

news

POTRET : Ladang Garam di Shandong

  • Lupita
  • 13 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong