Lama Baca4 Menit

Kegiatan Astronot China di Luar Angkasa Saat Imlek

23 January 2023, 15:27 WIB

Kegiatan Astronot China di Luar Angkasa Saat Imlek-Image-1
Para astronot menampilkan makan malam Tahun Baru yang mewah. Foto oleh Pusat Astronot Tiongkok

Beijing, Bolong.id - Tiga taikonaut (sebutan astronot Tiongkok) Shenzhou-15, Zhang Lu,  Deng Qingming dan Fei Junlong merayakan Imlek pertama mereka di luar angkasa, Sabtu (21/1/2023).

Dilansir dari 红星新闻 Senin (23/1/2023), dari foto-foto tampak, kapsul tempat mereka berada dihiasi aneka karakter Mandarin.

Para astronot mengirimkan doa kepada masyarakat Tiongkok di bumi melalui video, sambil memegang kata "Fu" di tangan mereka.

Ketiga astronot ini memiliki kegemaran yang sama dalam hal kaligrafi, dengan gaya yang khas. 

Zhang Lu menulis bait atas "Bangun bangsa yang kuat dan maju" dalam aksara bulat dan elegan. 

Sementara bait bawah, Deng Qingming "Bangun istana surgawi dan berlayar".

Sedangkan, Fei Junlong menulis: “Tiongkok yang makmur”.

Pada saat makan malam Tahun Baru, tim darat menyiapkan makanan mewah untuk para astronot. Tiga jenis pangsit, kue beras kayu manis dan keju, nasi ketan, tiga jenis sup rumput laut dan telur, sup tomat dan telur, serta sup giok dan giok putih sebagai hidangan utama, serta beberapa minuman dan manisan.

Direktur ruang makanan nutrisi ruang angkasa dari Pusat Astronot Tiongkok Zang Peng, mengembangkan lebih dari 120 jenis makanan luar angkasa bernutrisi yang sesuai dengan preferensi astronot.

Pada Malam Tahun Baru, aula pendukung astronot di Pusat Astronot Tiongkok menyala. Layar besar menunjukkan, modul Tianhe telah berada di orbit selama 633 hari dan kru Shenzhou 15 telah berada di orbit selama 53 hari.

Selama Tahun Baru Imlek, para astronot mengantar 3 hari untuk beristirahat dan memulihkan diri, kemudian akan segera melakukan eksperimen ilmiah, pelatihan di orbit, dan pekerjaan sibuk lainnya.

"Kami telah meningkatkan jumlah busur pengukuran dan kontrol untuk menjaga kebutuhan panggilan telepon para astronot dengan keluarga dan teman-teman mereka dan memungkinkan mereka untuk menonton Gala Tahun Baru Imlek selaras dengan bumi," kata Li Dafei, wakil kepala operasi dan kontrol pesawat ruang angkasa.

Saat ini, konfigurasi dasar dari tiga modul stasiun ruang angkasa telah dibangun. Festival Musim Semi kali ini, standar tugas di darat lebih ketat, lebih banyak menguji kemampuan tanggap darurat tim tugas tunggal, terutama untuk puing-puing luar angkasa dan perubahan lingkungan luar angkasa agar siap untuk rencana penyesuaian darurat.

Malam Tahun Baru adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Namun, di Tiangong dan di darat, banyak orang berada di pos mereka untuk menyambut sinar matahari Tahun Baru.

Pada malam Tahun Baru, "Pameran Lukisan Istana Surgawi" yang kedua secara resmi diluncurkan di Stasiun Luar Angkasa Tiongkok. Ini adalah hadiah Tahun Baru dari kru Shenzhou-15 untuk para pemuda Tiongkok dari stasiun luar angkasa Tiongkok.

Dengan tema "Melukis Tiongkok yang Indah, Berbicara tentang Kehidupan yang Baik", pameran ini dibagi menjadi "Negara yang Kuat", "Pesona Tiongkok", "Perjalanan Mimpi", dan "Rasa Kebahagiaan".

Sebanyak 40 lukisan karya anak muda dipamerkan di Tiangong dalam empat bagian. Mimpi Tiongkok dan mimpi luar angkasa yang digambarkan oleh kuas anak-anak, dan kekuatan agung orang-orang dari semua kelompok etnis untuk maju dalam perjalanan baru dan kerinduan tulus mereka akan kehidupan yang lebih baik yang dibawa dalam lukisan, sangat menginspirasi. (*)

<<