Baca dalam 3 menit

Asal-Usul Kue Lapis Legit, China, Indonesia atau Belanda?

SHARE ARTIKEL

Kue Lapis Legit - Image from Sriwijaya post

Jakarta, Bolong.id - Membahas soal asal usul lapit legit, banyak yang masih mempertanyakan keasliannya. Ada beberapa fakta yang beredar mengenai asal usul lapis legit.

Menjadi salah satu kue unggulan Indonesia di mata dunia, Lapis Legit memang lekat dengan banyak budaya di Indonesia. Masyarakat biasa menemukan bolu berlapis ini di berbagai perayaan besar seperti Lebaran, Imlek, acara pernikahan, dan lainnya.

Biasanya, lapis legit sendiri terbuat dari adonan yang disusun berlapis-lapis.

Biasanya adalah lapis legit terdiri dari 18 layer atau lapisan. Dikarenakan tingkat kesulitan dan waktu pembuatannya yang lama, lapis legit terkenal sebagai kue yang mahal.

1. Lapis legit asal Belanda

Nama lain dari lapis legit adalah spekkoek. Spekkoek sendiri merupakan bahasa Belanda yang berarti kue berlemak yang memiliki seribu lapis.

Yang membuat banyak orang merasa cukup kebingungan menentukan asal usulnya adalah fakta bahwa lapis legit sejatinya diciptakan oleh orang Belanda menggunakan bahan rempah asli Indonesia.

2. Lapis Legit asal Indonesia

Di sisi lain juga yang mengatakan bahwa lapis legit merupakan kue asli ciptaan orang Indonesia yang terinspirasi dari resep kue Belanda, namun dikombinasikan dan dimodifikasi menggunakan bahan rempah Indonesia. Lapis legit yang kita kenal saat ini telah menyesuaikan rasa dengan lidah orang Indonesia.

Dugaan lainnya adalah lapis legit dibuat oleh orang Indonesia, namun orang Belanda-lah yang mempopulerkan lapis legit dengan memberi nama spekkoek.

3. Lapis Legit asal Tiongkok

Namun, esensinya sedikit berbeda ketika bolu lebih dari 18 lapisan tersebut hadir dalam perayaan Imlek. Bagi peranakan Tionghoa di Indonesia, Lapis Legit menjadi salah satu hidangan wajib sekaligus spesial. 

Bagi peranakan Tionghoa di Indonesia, Lapis Legit merupakan resep khusus warisan nenek moyang saat bangsa Indonesia dijajah Belanda selama ratusan tahun. Mereka mengkombinasikan resep bolu dari tangan penjajah dengan rempah-rempah asli Indonesia.

Biasanya, kue dengan rasa manis ini dinikmati saat bercengkerama dengan keluarga dan sahabat terdekat, sambil menyesap secangkir teh atau kopi sebagai pendamping.

Terdapat banyak spekulasi tentang asal-usul kue lapis legit, yang simpang siur hingga saat ini. Kalo kamu tahu yang mana?

Terkait

teknologi

Teknologi Hebat Tiongkok yang Digunakan di Indonesia 

  • Bolong team
  • 21 Mar 2020

berita

Bantuan Pencegahan COVID 19 Kloter Pertama Dari Tiongkok unt...

  • Bolong team
  • 28 Mar 2020

berita

Bantuan Alat Kesehatan dari Tiongkok Datang Lagi!

  • Bolong team
  • 29 Mar 2020

berita

Perbincangan Telepon Dari Hati ke Hati Antara Presiden Jokow...

  • Bolong team
  • 02 Apr 2020

berita

Xiao Qian, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Menulis Sebu...

  • Bolong team
  • 17 Apr 2020

berita

Para Pemimpin Tiongkok dan Indonesia Bertukar Ucapan Selamat...

  • Bolong team
  • 13 Apr 2020
Logo follow bolong