Baca dalam 3 menit

Prinsip dan Waktu Terbaik untuk Sarapan Pagi

SHARE ARTIKEL

Sarapan - Image from grid.id

Jakarta, Bolong.id - Sarapan adalah salah satu waktu makan yang penting dan sebaiknya tidak dilewatkan. Orang yang sedang menempuh diet untuk menurunkan berat badan sering kali melewatkan sarapan sebagai salah satu upaya berdiet.

Padahal, sarapan dengan menu tepat pada waktu yang pas justru akan membantu menurunkan berat badan. Sebab, porsi makan berat di siang hari akan berkurang karena tubuh tidak merasa terlalu lapar.

1. Waktu Terbaik Untuk Sarapan

Dilansir dari Toutiao.com, pada pukul 7 atau 8 pagi, suhu tubuh sudah mulai naik, metabolisme bereaksi saraf simpatis aktif, dan perut serta usus mulai berfungsi; ini adalah waktu yang baik untuk usus dan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Perlu dicatat bahwa jangan sarapan setelah pukul 9.30, karena terlalu dekat dengan waktu makan siang, ini akan memengaruhi nafsu makan untuk makan siang, dan makanan tidak akan memiliki cukup waktu untuk dicerna, Jika terlambat makan, atau mengabaikan jam makan, batu empedu dan penyakit lainnya mungkin akan datang ke tubuh Anda.

2. Prinsip makan pagi

Seperti kata pepatah Tiongkok, "Sarapan harus seperti seorang raja", maka banyak orang sarapan dengan menu yang beragam, mulai dari roti kukus hingga susu kedelai, dan berbagai makanan ringan. Dalam hal ini, para ahli nutrisi mengatakan bahwa sarapan yang baik itu tidak banyak jenisnya, tapi mengacu pada nutrisi yang lengkap. 

Untuk makan pagi, perhatikan dua prinsip berikut.

1. Cobalah untuk memasukkan makanan pokok bertepung seperti roti kukus, protein berkualitas tinggi seperti telur dan susu, serta buah-buahan dan sayuran segar untuk memastikan gizi seimbang;

2. Tidak disarankan untuk mengganti sarapan dengan camilan, atau makan gorengan. (*)

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

Terkait

Health

Prinsip dan Waktu Terbaik untuk Sarapan Pagi

  • Lupita
  • 14 Jan 2021
Logo follow bolong