Baca dalam 4 menit

Rambut Rusak dan Menguning? Mungkin 6 Hal Ini Alasannya!

Waktu Publish : 12 Sep 2021, 09:54 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Rambut kering dan kusam - Image from Sohu

Bolong.id - Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Oleh karenanya, berbagai macam perawatan seringkali dipilih untuk menjaga agar tetap indah. Mulai dari perubahan gaya rambut sampai warna rambut sudah banyak dilakukan wanita untuk memuaskan keinginannya memiliki rambut yang indah.

Meskipun begitu, tak jarang rambut yang sudah menjadi kebanggaan tersebut tidak lagi berwarna hitam alami dan cenderung berubah menguning. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kondisi ini. Mau tahu apa saja? Yuk, simak.

Dilansir dari Sohu Health pada Sabtu (11/9/2021), berikut hal-hal yang mungkin menjadi penyebab rusaknya rambut.

1. Keturunan

Warna rambut orang asia umumnya hitam, tetapi rambut hitam juga dibagi menjadi beberapa jenis. Beberapa orang secara alami memiliki warna yang lebih terang, dan terlihat kuning di bawah sinar matahari. Warna rambut kekuningan yang disebabkan keturunan sulit diubah.

2. Malnutrisi

Rambut hitam disebabkan oleh melanin, dan vitamin serta nutrisi lainnya juga memainkan peran tertentu dalam menentukan kualitas dan warna rambut. Jumlah melanin menentukan warna rambut.

Jika Anda sangat kekurangan gizi atau mengalami gizi buruk, rambut akan menjadi kuning dan rapuh. Untuk keadaan ini, bisa makan lebih banyak telur, daging tanpa lemak, kedelai, kacang tanah, kenari, biji wijen hitam, dll. untuk menjaga rambut agar kembali sehat.

3. Kadar asam dalam tubuh

Meningkatnya racun asam dalam darah, terlalu banyak bekerja, suka makan yang manis-manis, lemak berlebihan, dll akan menyebabkan ketidakseimbangan asam basa tubuh. Tubuh yang asam, dapat menyebabkan rambut menjadi kuning. Pada saat ini, makan lebih banyak rumput laut, ikan, susu segar, kacang-kacangan, dan jamur untuk menetralkan racun asam dalam tubuh dan memperbaiki keadaan menguning.

4. Sering mengeriting dan mewarnai rambut

Orang yang sering mewarnai rambut lebih rentan terhadap kerusakan rambut. Produk kimia pengeriting rambut dapat dengan mudah merusak nutrisi pada rambut dan membuat rambut menjadi kuning.

Oleh karena itu, perhatikan frekuensi pewarnaan rambut dan perawatan rambut pada waktunya agar tidak rusak, menguning, dan patah. Selain itu, penggunaan sampo alkalin dalam jangka waktu lama dengan daya pembersih super juga dapat merusak rambut dan menyebabkannya menguning.

5. Paparan sinar matahari jangka panjang

Rambut akan menjadi lebih tipis dan terkelupas setelah terpapar sinar matahari. Sinar matahari yang terik juga akan menyebabkan rambut kehilangan kelembapan dan menjadi kering dan kuning. Jika ini terjadi untuk waktu yang lama dan perawatan tidak dilakukan untuk menjaga, rambut akan menguning.

6. Alasan lainnya

Penyebab patologis, seperti anemia defisiensi zat besi yang parah, hipotiroidisme, atau pemulihan awal dari penyakit serius, dapat menyebabkan tubuh mengurangi melanin, dan rambut hitam secara bertahap berubah menjadi coklat kekuningan atau kuning muda.

Rambut kuning fungsional, trauma mental, terlalu banyak bekerja, gangguan endokrin musiman, dll. Dapat menyebabkan produksi melanin, melanogen, dan melanosit menurun dalam tubuh.

Rambut kuning bukan hanya masalah warna, tapi juga masalah kualitas rambut. Rambut kuning umumnya kering, kasar, tipis, dan mudah rontok. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Monyet Rambut Emas di Yunnan Terancam Punah

  • Djono W. Oesman
  • 07 Oct 2021

health

Obesitas Bisa Bikin Rambut Botak, Cek Faktanya!

  • Lupita
  • 03 Oct 2021

health

5 Tanda Tubuh Yang Sangat Kekurangan Protein

  • Lupita
  • 28 Aug 2021

culture

Tips Rawat Rambut ala Wanita China

  • Lupita
  • 21 Aug 2021

health

Masalah Rambut Rontok? Makanan Ini Baik Untuk Pertumbuhan Ra...

  • Lupita
  • 02 Aug 2021

culture

Unik, Perempuan Suku Yao Potong Rambut Hanya Dua Kali Seumur...

  • Visco Joostensz
  • 17 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong