Baca dalam 3 menit

Akar Manis, Salah Satu Obat Herbal Penting di Dunia Medis China

Waktu Publish : 13 Oct 2021, 11:39 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

Akar Manis atau Licorice - Image from Shutterstock

Bolong.id - Dalam Buku “Geng Si Bian” yang ditulis oleh Lu Can pada masa Dinasti Ming (1368-1644), terdapat cerita tentang penyembuhan penyakit dengan akar manis.

Suatu pagi, tabib kekaisaran Sheng Yin pingsan begitu dia memasuki apotek kekaisaran. Ketika dokter kekaisaran lainnya tidak tahu, seorang dokter rakyat merekomendasikan resep, dan Sheng Yin pulih setelah meminumnya. Kaisar sangat senang sehingga dia bertanya-tanya apakah itu sihir.

Pria itu menjelaskan bahwa itu bukan sihir. Dia mengatakan Sheng tidak makan sebelum memasuki apotek dan karena kekurangan qi perut atau kekuatan hidup, prinsip yang mendasari pengobatan tradisional Tiongkok dan seni bela diri, dia diracuni oleh campuran gas beracun yang dipancarkan oleh berbagai tumbuhan.

Dia mengatakan akar manis memiliki efek detoksifikasi yang menyembuhkan Sheng. Setelah mendengar ini, kaisar sangat gembira dan memberi hadiah besar kepada dokter rakyat ini.

Menurut Compendium of Materia Medica, yang ditulis oleh Li Shizhen, akar manis terutama menyembuhkan keracunan, mengurangi panas dalam dan mengurangi rasa sakit. Dia juga memuji akar manis karena khasiat obatnya dalam buku tersebut.

Akar manis dapat mendamaikan semua obat sehingga mereka hidup berdampingan secara harmonis, bekerja sama erat, menumbuhkan kekuatan, menghindari kelemahan dan bekerja sama untuk menyembuhkan penyakit. Misalnya, akar manis dapat mengurangi toksisitas obat-obatan dan meningkatkan rasa obat tradisional Tiongkok.

Menurut "Chinese Pharmacy Dictionary," itu secara klinis digunakan dalam pengobatan penyakit seperti ulkus duodenum, penyakit Addison, sindrom Sheehan, diabetes insipidus, TBC, malaria dan penyakit lainnya.

Dilansir dari CGTN, akar manis memiliki reputasi sebagai salah satu obat herbal terpenting di dunia kedokteran, yang dapat meredakan kontradiksi, mengatur perselisihan, dan membantu orang lain. Akar dan rimpang akar manise yang memiliki rasa manis dan sifatnya yang sejuk biasanya digunakan sebagai obat.

Akar manis atau licorice (Glycyrrhiza uralensis) termasuk dalam genus Glycyrrhiza. Ini adalah tanaman berbunga asli Asia. Ia menyukai lingkungan ekologis dengan cahaya yang cukup, curah hujan yang lebih sedikit, dan perbedaan suhu yang signifikan antara siang dan malam.

Ini tersebar di Tiongkok timur laut, Provinsi Shaanxi, Provinsi Gansu, Provinsi Qinghai, Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, Provinsi Shandong dan tempat-tempat lain. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

He Shou Wu, Akar Herbal dengan Sejuta Manfaat

  • Lupita
  • 25 Oct 2021

health

Tian Ma, Bahan Obat Herbal

  • Djono W. Oesman
  • 09 Oct 2021

health

Artemisia Annua, Tanaman Herbal Pembasmi Malaria

  • Lupita
  • 04 Oct 2021

health

Kandungan Obat di Balik Cantiknya Bunga Peony

  • Djono W. Oesman
  • 29 Sep 2021

health

Lingzi Dianggap Sebagai 'Jamur Keabadian' Menurut China Kuno

  • Lupita
  • 22 Sep 2021

health

Honeysuckle, Bunga Dua Warna Asal China yang Punya Sejuta Kh...

  • Lupita
  • 15 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong