Baca dalam 4 menit

Sah, Bursa Efek Beijing Khusus UKM Resmi Dimulai

Waktu Publish : 15 Nov 2021, 13:58 WIB
SHARE ARTIKEL

Bursa Efek Beijing - Image from Detik

Beijing, Bolong.id - Bursa Efek Beijing akan memulai perdagangan Senin ini langkah maju yang penting dalam upaya Tiongkok untuk mengubah pasar modalnya karena bursa baru akan melayani berbagai usaha kecil dan menengah (UKM).

Dilansir dari Xinhua pada Minggu (14/11/2021), mengumumkan tanggal peluncuran dalam sebuah pernyataan Jumat, bursa baru mengatakan semuanya siap untuk perdagangan, dengan batch pertama dari 81 perusahaan diharapkan untuk melihat saham mereka diperdagangkan mulai Senin ini.

Peluncuran itu dilakukan dua bulan setelah Tiongkok mengumumkan rencana untuk mendirikan bursa baru, sebuah langkah yang disambut luas oleh pasar karena bertujuan untuk mengatasi teka-teki pembiayaan UKM yang sudah berlangsung lama.

Bursa baru, yang dibangun di atas Bursa dan Kutipan Ekuitas Nasional yang ada, atau "dewan ketiga baru", akan memainkan peran yang berbeda di pasar modal Tiongkok dibandingkan dengan bursa saham Shanghai dan Shenzhen sambil memperkuat interkonektivitas dengan kedua bursa tersebut.

Pengumuman tersebut telah memicu minat dan keinginan yang besar di pasar. Selama dua bulan terakhir, investor dan perusahaan telah mengawasi perkembangan terkini dari bursa, bersaing satu sama lain untuk mendapatkan kualifikasi untuk perdagangan.

Pada hari Jumat, lebih dari 2,1 juta investor baru telah mendaftar untuk menjadi investor yang memenuhi syarat, kata bursa, menambahkan bahwa jumlah total investor yang memenuhi syarat akan melebihi 4 juta setelah bursa memulai perdagangan.

Sebanyak 112 perusahaan sekuritas telah diberikan keanggotaan sejauh ini, katanya.

Enam dokumen aturan operasi juga terungkap Jumat, bersama dengan 45 pedoman lainnya yang dikeluarkan sebelumnya, yang merupakan sistem pengaturan mandiri bursa dengan aturan yang mencakup antara lain penerbitan, pembiayaan, pengawasan, dan perdagangan.

Mengomentari gelombang pertama perusahaan, Li Xudong, Direktur pelaksana China Securities, mengatakan perusahaan-perusahaan ini adalah "perwujudan penuh dari peran bursa sebagai platform utama yang melayani UKM inovatif."

Semua 81 perusahaan, sebagai kinerja terbaik di sektor masing-masing, membanggakan operasi bisnis yang sehat dan potensi pertumbuhan yang besar, kata Li.

Mencakup 25 industri utama ekonomi, perusahaan-perusahaan ini sebagian besar berasal dari sektor-sektor seperti manufaktur maju, layanan teknologi tinggi, dan industri strategis yang sedang berkembang. Pengeluaran rata-rata mereka untuk penelitian dan pengembangan mencapai 25,36 juta yuan (sekitar 4 juta dolar AS).

Sementara berbagai perusahaan berbaris untuk go public, bursa mengatakan akan meningkatkan pengawasan dan meningkatkan upaya untuk meningkatkan kualitas perusahaan yang terdaftar, meluncurkan langkah-langkah untuk memperkuat tinjauan pra-pendaftaran, memperjelas tanggung jawab perantara dan perusahaan yang terdaftar, dan membuat saluran halus untuk dihapus.

Peluncuran perdagangan menandai awal dari perjalanan eksplorasi untuk Bursa Efek Beijing, pengamat pasar mengatakan, mendorong semua pihak yang terlibat untuk menjadi lebih mudah beradaptasi dan inklusif dan bekerja sama untuk mendorong lingkungan pasar yang ramah untuk memfasilitasi pertumbuhan yang stabil dan berkelanjutan dari pasar bursa baru. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

business

Bursa Efek Beijing Resmi Diluncurkan Dengan 81 Perusahaan Be...

  • Lupita
  • 17 Nov 2021

business

Transaksi Bursa Efek Beijing 21,3 Triliun, Senin Kemarin

  • Djono W. Oesman
  • 16 Nov 2021

business

China Buka Bursa Saham Beijing Khusus UKM

  • Visco Joostensz
  • 07 Nov 2021

news

Mulai 15 November China Rilis Aturan Baru Bursa Beijing

  • Visco Joostensz
  • 01 Nov 2021

business

Bursa Efek China di Beijing Sudah Resmi Terdaftar

  • Lupita
  • 06 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong