Kantin Universitas di Tiongkok Perkenalkan Cara Baru Buat “Kosongin Piring”

logo clock 3 Menit logo clock 17-09-2020, 15:14

Kantin di Capital University of Economics and Business (首都经济贸易大学) - Gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami.

Tiongkok, Bolong.id – Pada awal semester baru ini, kantin di beberapa universitas di Beijing perkenalkan cara agar mahasiswanya menghindari buang-buang makanan, dan bersihkan piring yang sudah digunakan.

Dalam rangka mendorong dosen dan mahasiswa agar ‘mengosongkan’ piring mereka, selain menyediakan penyajian nasi untuk setengah porsi, kantin di Universitas Beihang (北航大学) mulai memproduksi dan menjual roti kukus ukuran mini dengan harga murah, dikutip People’s Daily, Kamis (17/9/20).



Salah satu kantin juga telah menyediakan hidangan gorengan berukuran kecil dengan setengah harga. Sementara kantin lain menyediakan layanan agar pembeli bisa mengambil sendiri makanan sesuai porsi yang diinginkan, dan membayar sesuai total berat makanan tersebut.

Layanan mengambil sendiri makanan dan membayarnya sesuai berat makanan, dapat kita temukan di kantin Universitas Tsinghua (清华大学).

Tak hanya itu, kantin pun menyediakan kemasan takeaway. Dengan begini, mahasiswa yang tidak menghabiskan makanannya saat makan di kantin bisa membawa sisa makanannya ke rumah atau asrama.

Sementara itu, kantin di Capital University of Economics and Business (首都经济贸易大学) memiliki cara yang unik. Dosen dan mahasiswa akan mendapat hadiah imbalan seperti kertas tisu, jika ‘mengosongkan’ piring mereka.

Pihak kampus juga berencana memperbaharui sistem cerdas, yang dapat membantu kampanye ini menjadi prosedur bagi kantin-kantin di universitas di Tiongkok.

Lain halnya dengan China Agricultural University (中国农业大学). Mahasiswa akan diberikan peralatan makan dengan desain universitas tersebut, jika memposting foto piring milik mereka yang sudah kosong ke sosial media.

Aktivitas ini mengajarkan mahasiswa baru sebagai pelajaran pertama mereka, dalam hal tidak membuang-buang makanan dan juga membuat suasana kampus yang menghargai makanan (*).


Penulis : Della Shafira Putri
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

China Laporkan 14 Kasus COVID-19 Baru, Semua Dari Luar Negeri

 

logo clock 22-10-2020, 11:33
logo clock Baca ini dalam 1 Menit
logo share

Kasus COVID-19 Global Lampaui 40 Juta; Sekitar 60.000 Terima Vaksin China

 

logo clock 22-10-2020, 10:25
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

60.000 Orang Di-vaksin COVID-19 China, Tak Ada Efek Buruk

 

logo clock 21-10-2020, 11:08
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Setelah Corona, Norovirus Muncul. Bahaya, Tidak?

 

logo clock 20-10-2020, 16:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Nekat Makan Mie Jagung Berusia Setahun, Sekeluarga Tewas Keracunan

 

logo clock 20-10-2020, 13:19
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral