Baca dalam 4 menit

Mitologi: 鱼目混珠 Palsukan Mutiara dengan Mata Ikan

Waktu Publish : 25 Nov 2021, 12:22 WIB
Sumber : 百度
SHARE ARTIKEL

Mitologi China: 鱼目混珠Memalsukan Mutiara dengan Mata Ikan - Image from 百度

Beijing, Bolong.id – Salah satu Mitologi Tiongkok yang cukup terkenal yaitu “鱼目混珠 Memalsukan Mutiara dengan Mata Ikan

Dilansir dari 百度 pada (23/11/2021) pepatah itu ada kisahnya. Alkisah, pria bernama Man Wuan ahli perhiasan dan batu giok. Suatu ketika, ia pergi ke tempat yang jauh untuk berbisnis. Setelah menyelesaikan urusan resmi, ia berjalan dan menemukan mutiara di suatu toko.

Mutiara itu bulat dan besar, bersinar dengan cahaya lembut, dan itu adalah harta yang tak ternilai. Ia berharap dapat membeli mutiara tersebut, dan akhirnya terbeli.

Man Wuan memesan sebuah kotak kayu yang bagus, lalu memasukkan mutiara itu ke dalamnya dan menyimpannya dengan hati-hati.

Tiba rumah, ia memanggil beberapa orang kepercayaan, dan memamerkan mutiara itu.

Setiap orang yang melihat mutiara ini memujinya, mengatakan bahwa itu adalah mutiara terbesar dan terbaik yang pernah mereka lihat.

Tetangga bernama Shouliang mengaku, pernah mendengar tentang mutiara besar. Melihat mutiara Man Wun, ia jadi iri. Shouliang berniat mengambil mutiara besar dari leluhurnya dan bersaing dengannya. Tetapi ketika dia memikirkan warisan leluhurnya, dia membatalkan niatnya.

Kebetulan, Man Wun menderita penyakit aneh, mencari dokter dan obat-obatan. Tetapi tidak ada efeknya sama sekali. Shouliang juga menderita sakit yang mirip.

Suatu hari, ada seorang dokter You Fang datang, mengatakan bahwa dia dapat mengobati semua jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan, dan kedua keluarga itu buru-buru mengundang dokter tersebut ke rumah.

Dokter dengan hati-hati mendiagnosis dan merawat mereka. Dokter tersebut berkata kepada anggota keluarga mereka: "Tidak apa-apa sakit, tetapi perlu menggunakan bubuk mutiara yang berharga, sebagai obat utama untuk menyembuhkan penyakit."

Setelah mendengar kata-kata dokter, kedua keluarga melihat satu sama lain dan ingat mutiara langka di rumahnya sendiri.

Meski agak enggan, untuk menyembuhkan penyakitnya, mereka dengan enggan menggiling mutiara sampai jadi bubuk, lalu mencampurkannya ke dalam obat dan memberikannya kepada pasien.

Aneh, dalam dua hari setelah minum obat, Man Wun menjadi lebih baik. Sedangkan, Shouliang tetap sakit-sakitan.

Dua hari kemudian, dokter datang lagi. Setelah mendengarkan penuturan keluarga Shouliang, dokter berkata: “Bisakah menunjukkan kepada saya mutiara yang Anda gunakan?”

Keluarga Shouliang dengan cepat mengeluarkan mutiara itu dan memberikannya. Dokter mengambil mutiara di tangannya dan melihatnya, dan berkata sambil tersenyum:

"Mutiara apa ini? Ini hanya mata ikan besar di lautan. Kalian menggunakan mata ikan sebagai mutiara, bagaimana bisa menyembuhkannya?

Keluarga Shouliang baru menyadari, bahwa mutiara dari nenek moyang mereka, ternyata hanya mata ikan. Jadi, mereka harus mencari mutiara beneran, untuk obat. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong