Baca dalam 4 menit

Ingin Konsumsi Vitamin B12? Simak Dulu Caranya!

Waktu Publish : 26 Sep 2021, 17:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Vitamin B12 - Image from toutiao

Bolong.id- Vitamin B12 adalah salah satu elemen yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ini adalah satu-satunya elemen dalam keluarga vitamin B yang mengandung komponen mineral. Warnanya merah, sehingga disebut juga vitamin merah.

Ini juga merupakan salah satu dari sedikit elemen jejak dengan warna. Ini juga merupakan elemen terbaru yang ditemukan dalam keluarga vitamin B. Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan unsur ini dengan sendirinya, tetapi makanan, buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung unsur ini. Karena itu, jika tubuh manusia ingin mendapatkannya, itu hanya dapat diperoleh dengan menelannya dari dunia luar.

Dilansir dari 一杯大柠檬茶 pada Kamis (25/9/2021), unsur ini dapat ikut serta dalam proses pembuatan sel darah merah, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia dan sekaligus mencegah kerusakan saraf. Karena lokasi penyimpanan elemen ini terletak di hati, tubuh akan menunjukkan kekurangan hanya setelah habis.

Perhatikan kadar unsur ini sedini mungkin untuk mencegah munculnya kekurangan vitamin B12. Selain itu, unsur ini merupakan trace element, menandakan bahwa tubuh membutuhkan kandungan yang tidak banyak, hanya 4 mikrogram per hari. Oleh karena itu, selama asupan gizi lengkap dan tidak ada malabsorpsi, tidak akan ada kekurangan unsur ini.

Suplemen Qi dan Darah

Perkembangan normal sel darah merah dapat mempertahankan operasi normal fungsi hematopoietik dengan partisipasi vitamin B12. Ketika sintesis asam oksiribonukleat dalam tubuh terhambat, anemia akan terjadi. Penyebabnya adalah kekurangan unsur ini dan asam folat, yang dibutuhkan dalam proses sintesis sel.

Jika koenzim kunci kurang dalam elemen ini, itu akan memperlambat produksi sel darah merah dan mengurangi suplai darah, sehingga metabolisme dan sirkulasi darah lebih lambat. Oleh karena itu, bagi wanita, kekurangan unsur ini akan menyebabkan anemia dan menstruasi. Gangguan dan kondisi lainnya, kulit akan menjadi kuning lilin dan terlihat buruk. Jika kekurangannya parah, penyakit kuning dapat terjadi.

Oleh karena itu, suplemen vitamin B12 ketika darah tidak mencukupi dapat meningkatkan tingkat pemanfaatan asam folat, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel darah merah, dan memungkinkan tubuh untuk mengembalikan fungsi hematopoietik normal.

Merawat mata

Vitamin B12 merupakan unsur penting untuk menyehatkan saraf optik. Jika kurang, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Pada penderita katarak dan presbiopia, akan menunjukkan kekurangan unsur ini. Sering menggosok mata, mata sedikit menguning, kelopak mata berkedut, dll., mungkin kekurangan vitamin B12 dan menyebabkan kelainan pada saraf mata.

Elemen ini dapat meredakan kekeringan pada mata, melindungi masker mata, menghilangkan kelelahan visual dan gejala ketidaknyamanan mata lainnya. Bila mata digunakan terlalu lama dan mata terasa perih dan kering, obat tetes mata vitamin B12 dapat digunakan untuk meredakannya. Jika ketidaknyamanan mata terlihat jelas, suplemen juga dapat digunakan untuk menyehatkan saraf retina dengan cepat.

Makanan yang mengandung Vitamin B12 - Image from toutia

Terkait

health

Sering Masuk Angin? Ini 5 Tips Mengatasinya Tanpa Minum Obat...

  • Lupita
  • 25 Oct 2021

health

Intip Manfaat Kandungan Gizi Buah Alpukat

  • Lupita
  • 23 Oct 2021

health

Konsumsi Vitamin E Bisa Bikin Awet Muda?

  • Lupita
  • 10 Oct 2021

health

Tetap Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi, Penuhi Asupan Vitami...

  • Lupita
  • 09 Oct 2021

health

Lemon Kering yang Direndam Air Ternyata Tak Bisa Penuhi Vita...

  • Lupita
  • 02 Oct 2021

health

Turunkan Berat Badan? Cobain 4 Manfaat Buah Apel

  • Lupita
  • 28 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong