Lama Baca7 Menit

China Pastikan Pasokan Obat Anti-COVID Lancar

10 January 2023, 11:32 WIB

China Pastikan Pasokan Obat Anti-COVID Lancar-Image-1
Anggota staf mengemas obat-obatan di sebuah perusahaan farmasi di Provinsi Hunan, China tengah, pada 19 Desember 2022. - Xinhua

Beijing, Bolong.id - Tiongkok bergerak cepat dalam produksi, dan pasokan obat anti-COVID-19. Itu mengimbangi kebijakan tanpa pembatasan gerak orang.

Dilansir dari Xinhuanet (10/01/2023) untuk itu pemerintah mengoptimalkan respons COVID-19 musim dingin ini.

Fokus respons epidemi Tiongkok saat ini telah bergeser dari mencegah infeksi menjadi meningkatkan pengobatan kasus parah.

PILIHAN YANG DIPERLUAS

Peneliti dan pengembang obat Tiongkok telah berpacu dengan waktu untuk menemukan obat yang tepat untuk mengalahkan virus dengan dua cara: obat makromolekul biologis berdasarkan antibodi dan senyawa molekul kecil yang dapat menghambat invasi dan replikasi virus.

Agen antivirus oral yang dikembangkan Tiongkok disebut VV116, yang merupakan obat anti-COVID-19 yang ampuh, telah terbukti sama efektifnya dengan Paxlovid Pfizer dalam meningkatkan kecepatan pemulihan klinis, dan telah menunjukkan peningkatan kinerja selama awal infeksi Omicron , menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Tiongkok terus memperluas jangkauan pilihannya. Regulator obatnya telah memberikan persetujuan bersyarat untuk impor pil Paxlovid COVID-19.

Ini juga telah mengaktifkan prosedur persetujuan khusus dan memberikan persetujuan bersyarat untuk pendaftaran impor pengobatan COVID-19 Molnupiravir dari Merck -- untuk pasien dewasa dengan gejala COVID-19 ringan hingga sedang dan berisiko tinggi berkembang menjadi kasus parah.

Obat oral molekul kecil dapat diberikan kepada pasien yang, misalnya, lanjut usia, kelebihan berat badan, atau memiliki penyakit ginjal kronis, diabetes, penyakit kardiovaskular berat, dan penyakit paru-paru kronis.

Traditional Chinese Medicine (TCM) juga telah diterapkan secara luas dan telah menunjukkan manfaat unik dalam pengobatan infeksi COVID-19.

Bagi mereka yang memiliki gejala parah, pengobatan terpadu dengan pengobatan Tiongkok dan Barat dapat secara efektif mencegah penyakit menjadi lebih parah atau setidaknya memperlambat perkembangan gejala yang lebih parah, sehingga mengurangi tingkat kematian, kata Huang Luqi, wakil kepala Administrasi Nasional di Pengobatan Tradisional Tiongkok, pada konferensi media nasional baru-baru ini.

China Pastikan Pasokan Obat Anti-COVID Lancar-Image-2
Apoteker menyiapkan obat tradisional Tiongkok di Rumah Sakit Afiliasi Universitas Pengobatan Tiongkok Gansu di Lanzhou, Provinsi Gansu, Tiongkok barat laut, pada 23 Desember 2022. - Xinhuanet

PASTIKAN PASOKAN

Menargetkan gejala klasik infeksi, Tiongkok telah meningkatkan kapasitas produksinya untuk demam dan pereda nyeri ibuprofen dan parasetamol.

Kapasitas produksi harian ibuprofen dan parasetamol telah melampaui 200 juta tablet, sedangkan output harian mencapai 190 juta. Selain itu, pengeluaran harian maksimum obat antipiretik anak telah mencapai 1,12 juta botol.

Ada 194 jenis obat antipiretik, antitusif, antibakteri, dan antivirus di pasar Tiongkok.

Perusahaan telah meningkatkan upaya pengembangan dan distribusi obat. Jilin Natu Pharmaceutical Co., Ltd. telah mengembangkan dan memproduksi produk baru yang membantu meningkatkan daya tahan pasien, menghilangkan demam, detoksifikasi, dan mengurangi peradangan.

Sebuah perusahaan farmasi di kota Zibo, Provinsi Shandong, Tiongkok timur, telah meningkatkan kapasitas produksinya lebih dari 60 persen. Seluruh lini produksi dan karyawannya diwajibkan untuk memberikan prioritas pada produksi obat pengobatan COVID-19.

Perusahaan medis di Kabupaten Minxian, Provinsi Gansu barat laut, rumah bagi ramuan TCM, bekerja keras untuk memproduksi obat-obatan utama, seperti obat batuk. Saat ini, hasil harian obat-obatan utama untuk pengendalian COVID-19 di wilayah ini berjumlah 150.000 kotak dan sediaan TCM mencapai 200.000 kantong.

China Pastikan Pasokan Obat Anti-COVID Lancar-Image-3
Seorang pekerja komunitas (kanan) menyerahkan paket perawatan kepada seorang warga di sebuah komunitas di Subdistrik Yangfangdian, Distrik Haidian di Beijing, ibu kota China, 27 Desember 2022. - Xinhuanet

MENCAPAI TINGKAT RUMPUT

Tiongkok memberikan perhatian khusus pada distribusi obat-obatan dan cadangan darurat untuk orang tua dan orang-orang di pedesaan dan daerah terpencil, karena mengoptimalkan respons COVID-19.

Dokter desa berperan penting dalam hal ini. Yang Pengcheng, seorang dokter pedesaan di Baoding, Provinsi Hebei Tiongkok utara, akhir-akhir ini memiliki jadwal yang padat, mengantarkan obat ke 50 atau 60 rumah tangga dengan pasien COVID-19 setiap hari.

Yang memulai dengan merebus TCM sesuai dengan formula yang direkomendasikan oleh biro kesehatan kabupaten dan berdasarkan kondisi masing-masing pasien. Setelah itu, dokter veteran itu melakukan perjalanan jauh, mengantarkan obat TCM rebus kepada pasien dari rumah ke rumah.

Dia juga membawa tas medis biasa dengan obat antipiretik, dan sphygmomanometer, oksimeter denyut, termometer dan stetoskop, untuk memeriksa kondisi kesehatan pasien.

“Belum lama ini, seluruh keluarga saya tertular COVID-19. Jadi saya menelepon dokter desa kami, dan mereka membawakan kami ramuan TCM dan obat-obatan Barat lainnya,” kata Yang Shaokun, seorang penduduk desa.

Di Baoding, ada lebih dari 7.700 dokter pedesaan seperti Yang Pengcheng. Di Desa Zhujiayu saja, 12 dokter pedesaan melindungi kesehatan lebih dari 6.500 penduduk desa, termasuk lebih dari 600 lansia berusia 65 tahun ke atas, banyak di antaranya mengalami kesulitan berjalan.

China Pastikan Pasokan Obat Anti-COVID Lancar-Image-4
Dokter pedesaan Xiang Kaimin (depan) mengunjungi rumah tangga lokal di Kotapraja Shuanglong di Kabupaten Huayuan, Xiangxi Tujia dan Prefektur Otonomi Miao di Provinsi Hunan, China tengah, 27 Desember 2022. - Xinhua

Unit pemerintah akar rumput dan kekuatan sosial lainnya juga dikerahkan untuk mengirimkan obat-obatan dan membantu pasien yang membutuhkan.

Di Fuzhou, ibu kota Provinsi Fujian, Tiongkok timur, pekerja pemerintah dan masyarakat mengirimkan paket perawatan yang berisi ibuprofen dan pasokan medis lainnya kepada kelompok rentan seperti manula yang tinggal sendiri.

Distribusi pasokan medis secara daring melalui platform e-commerce telah diluncurkan di 11 wilayah setingkat provinsi, memberi manfaat kepada lebih dari 2 juta pasien -- yang sebagian besar berada di daerah pedesaan terpencil.

Negara ini juga telah memperkuat transfer pasokan medis lintas wilayah. Pada 28 Desember 2022, lebih dari 174 juta tablet ibuprofen dan 60 juta tablet parasetamol telah dialokasikan ke area utama di seluruh negeri.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<