Baca dalam 6 menit

Minum Air Kelapa, Dapatkan 6 Manfaat Baik Ini

Waktu Publish : 24 Oct 2021, 14:29 WIB
SHARE ARTIKEL

Kandungan dan manfaat air kelapa - Image from beritabeta.com

Jakarta, Bolong.id - Air kelapa mengandung elektrolit, mineral, dan vitamin. Juga mengandung gula, karhohidrat, protein dan lemak.

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:


• Energi: 17 Kalori (Kal)
• Protein: 0,2 g
• Lemak: 0,1 g
• Karbohidrat: 3,8 g
• Kalsium: 15 miligram (mg)
• Fosfor: 8 mg
• Besi: 0,2 mg
• Natrium: 1 mg
• Kalium: 149 mg


Dari komposisi gizi tersebut, air kelapa juga mengandung kalium tinggi. Dibanding dengan minuman olahraga yang telah diformulasi, kandungan kalium pada air kelapa lebih tinggi.

Disamping itu, nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa adalah antioksidan yang memiliki manfaat kesehatan yang besar. Tidak salah jika air kelapa muda memiliki berbagai khasiat karena memang tersusun dari kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Selain menghilangkan rasa haus dan mencegah dehidrasi, minum air kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini:

1. Memperlambat penuaan

Ternyata, air kelapa punya manfaat baik bagi kecantikan. Khasiat air kelapa bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda.

Bersal dari kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air, bekerja untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.
Kandungan sitokinin pada air kelapa memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).

Itu sebabnya, kelapa disebut sebagai makanan yang bisa menunda penuaan.

Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

2. Tekanan darah dan kolesterol

Meminum air kelapa baik untuk kesehatan jantung, karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa. Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. sehingga dapat mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

Selain itu, air kelapa juga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa dinilai mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Umumunya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna mengatasi diare karena dapat mengalirkan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Karena di dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga menghasilkan osmolaritas tinggi.

Air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.
Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

4. Mencegah penyakit batu ginjal

Meminum banyak air memang baik untuk kesehatan ginjal. Jika air putih cukup mendukung fungsi ginjal, minum air kelapa ternyata lebih bermanfaat.

Perlu kamu ketahui bahwa batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urin. Selain itu, air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

Hal ini terjadi karena air kelapa dapat meminimalkan radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urin.

Meski demikian, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk menguji khasiat air kelapa dalam pencegahan batu ginjal.

5. Mendukung fungsi organ tubuh

Kandungan gizi kelapa turut bermanfaat terhadap manfaat kerja organ-organ di dalam tubuh. Air kelapa terbukti menjadi sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat Anda berolahraga.

Pada dasarnya, asam amino juga membantu pembentukan protein sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada organ tubuh.

Sementara itu, kandungan enzim yang ada di dalam kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Kandungan enzim bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lainnya.


6. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

Untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak.

Selain itu, risiko untuk merasa mual, kenyang, dan sakit perut juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan minuman olahraga. (*)



Terkait

health

4 Manfaat Kelapa Muda Untuk Tubuh

  • Visco Joostensz
  • 14 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong